Senin, 19 Januari 2009

Studi Kasus: Unilever Mengamankan Perangkat Mobilenya

1. Bagaimana perangkat genggam nirkabel milik para eksekutif Unilever berhubungan dengan kinerja bisnis perusahaan?
Jawab: Perangkat genggam yang digunakan itu harus mampu mengirimkan suara dan data, beroperasi pada jaringan nirkabel yang berbeda, dapat melihat lampiran e-mail,seperti file word, dan dimana kekuatan baterainya lebih dari empat jam.

2. Apa dampak potensial dari penerobosan system keamanan di unilever?
Jawab: Perangkat genggam nirkabel mudah hilang atau dicuri karena begitu portable, dan dapat ditembus oleh hacker. Dimana yang banyak digunakan oleh eksekutif dengan jenis PDA dan smart phone yang menyimpan data perusahaan yang sensitive, sehingga pengguna tidak sah dapat mengakses jaringan perusahaan internal melalui perangkat-perangkat ini, mengunduh data atau pesan yang tidak ditorisasi dapat membawa masuk malware yang berbahaya bagi system.

3. Faktor manejemen, organisasi dan teknologi apa yang harus ditangani dalam mengembangkan kebijakan keamanan dan prosedur bagi perangkat genggam nirkabel unilever?
Jawab: Setiap karyawan harus menggunakan perangkat yang ditentukan perusahaan, pengguna yang masuk ke jaringan perusahaan harus dapat mengidentifikasi diri sendiri menggunakan kata sandi atau metode autentikasi yang lain. Untuk perangkat BlackBerry menggunakan system operasi yang mengizinkan manajer TI membuat larangan-larangan otomatis, sehingga mengurangi kesempatan virus menulari jaringan perusahaan. Kemudian Unilever melakukan konfigurasi pada perangkat BlackBerry sehingga pengguna tidak bisa memasang aplikasi pihak ketiga.

4. Apakah mengijinkan para eksekutif Unilever menggunakan BlackBerry dan telepon genggam merupakan ide baik? Mengapa atau mengapa tidak?
Jawab: Ide yang baik. Karena apabila para eksekutif diberikan fasilitas BlackBerry dan telepon genggam maka mereka akan mudah untuk menjalankan aktivitasnya sehingga meningkatkan produktivitas mereka, dimana dengan menggunakan perangkat-perangkat tersebut perusahaan dapat memantau mereka kapanpun dan dimanapun mereka berada, sehingga akses untuk berkomunikasi antar karyawan dan perusahaan dapat berjalan lancar, juga untuk pengiriman data-data.

BAB 11 Mengelola Pengetahuan

Manajemen pengetahuan adalah serangkaian proses untuk membuat, menyimpan, mentransfer, dan menerapkan pengetahuan dalam organisasi. Perusahaan memerlukan program manajemen pengetahuan karena pengetahuan telah menjadi aset produktif dan strategis yang sentral dalam perekonomian informasi di zaman ini, dan merupakan sumber keunggulan kompetitif yang potensial. Sistem manajemen pengetahuan yang efektif memerlukan modal organisasional dan manajemen untuk meningkatkan budaya dan program pengetahuan untuk manajemen pengetahuan, termasuk dilantiknya seorang direktur pengetahuan (chief knowledge officer). Ada tiga jenis utama sistem manajemen pengetahuan: sistem manajemen pengetahuan keseluruhan perusahaan, sistem kerja pengetahuan, dan tekhnik cerdas.

Jenis sistem yang digunakan untuk manajemen pengetahuan keseluruhan perusahaan dan menunjukkan nilainya bagi organisasi
Sistem manajemen pengetahuan keseluruhan perusahaan adalah upaya di seluruh perusahaan untuk mengumpulkan, menyimpan, mendistribusikan, dan menerapkan data digital dan pengetahuan. Sistem pengetahuan terstuktur menyediakan basis data dan berbagai perangkat untuk mengorganisasikan dan menyimpan pengetahuan semiterstuktur, seperti e-mail atau multimedia. Sering kali sistem semacam ini menyertakan perangkat kolaborasi kelompok (termasuk wiki dan social bookmarking), portal untuk menyederhanakan akses informasi, perangkat pencarian, dan perangkatklasifikasi informasi berdasarkan sebuah taksonomi yang sesuai dengan organisasinya.

Jenis sistem kerja pengetahuan yang utama
Sistem kerja pengetahuan mendukung penciptaan pengetahuan baru dan integrasinya dengan perusahaan. Sistem ini memerlukan akses yang mudah ke basis pengetahuan eksternal; perangkat keras komputer yang canggih yang dapat mendukung peranti lunak dengan banyak grafik, analisis, manajemen dokumen, dan kemampuan komunikasi, dan antarmuka yang ramah pengguna. Sistem kerja pengetahuan untuk para profesional keuangan menyediakan akses ke basis data eksternal dan kemampuan untuk menganalisis sejumlah besar data keuangan dengan sangat cepat.

Berbagai keuntungan bisnis yang diperoleh dari penggunaan tekhnik-tekhnik cerdas untuk manajemen pengetahuan
Kecerdasan buatan tidak memiliki fleksibilitas, keluasan, dan keumuman dari kecerdasan manusia, tapi dapat digunakan untuk menangkap, mengodekan, dan memperluas pengetahuan perusahaan. Sistem ahli menangkap pengetahuan tersirat dari kecerdasan manusia dan menyatakannya dalam pengetahuan dengan bentuk aturan-aturan. Sistem ahli menangkap pengetahuan tersirat dari kecerdasan manusia dan menyatakannya dalam pengetahuan dengan bentuk aturan-aturan. Sistem ahli sangat berguna untuk basis data dengan kasus yang dapat secara kontinu diperluas dan diperbaiki.
Logika fuzzy adalah peranti lunak untuk menyatakan pengetahuan dalam bentuk aturan-aturan yang menggunakan nilai pendekatan atau subjektif. Logika fuzzy telah digunakan untuk mengontrol peralatan fisik dan mulai digunakan untuk aplikasi pengambilan keputusan secara terbatas. Algoritme genetik mengembangkan solusi untuk masalah tertentu menggunakan proses genetik seperti kecocokan, persilangan, dan mutasi.
Agen inteligen adalah program peranti lunak dengan basis pengetahuan bawaan atau dipelajari yang melaksanakan tugas tertentu, berulang, dan dapat diprediksi bagi pengguna perorangan, proses bisnis, atau aplikasi peranti lunak.
Jaringan saraf tiruan terdiri atas peranti lunak dan perangkat keras yang beusaha untuk meniru proses berpikir otak manusia.

BAB 10: E-Commerce; Pasar Digital, Barang Digital

E-commerce berhubungan dengan transaksi komersial digital di antara berbagai organisasi dan perorangan. Terdapat tujuh kelebihan dari e-commerce:
1. tekhnologi e-commerce ada dimana-mana
2. tekhnologi ini diterapkan secara global
3. tekhnologi ini dioperasikan dengan standar universal yang digunakan oleh semua negara didunia
4. tekhnologi ini menjadikan informasi lebih kaya
5. tekhnologi e-commerce sifatnya interaktif
6. tekhnologi ini meningkatkan kepadatan informasi
7. tekhnologi ini membuat personalisasi dan penyesuaian dapat dilakukan

Internet telah menghasilkan pasar digital, dimana jutaan orang dapat saling bertukar informasi dalam jumlah besar secara langsung, cepat, dan gratis.Pasar digital lebih transparan, fleksibel, dan efisien, banyak kesempatan untuk menjual secara langsung ke pembeli tanpa harus melalui perantara seperti distributor atau toko eceran.
Barang digital adalah barang seperti musik,video, peranti lunak, koran, majalah, dan buku yang disampaikan melalui jaringan digital. Model bisnis yang didasarkan pada penyampaian barang digital menjadi tantangan bagi banyak toko buku, penerbit, label musik, dan studio film yang sangat bergantung pada pengiriman dari barang dalam konsep tradisional.

Internet telah mengubah proposisi nilai dan model bisnis
Internet secara radikal mengurangi biaya pembuatan, pengiriman, dan penyimpanan informasi sementara membuat informasi tersebut semakin tersedia. Internet dapat membantu perusahaan menciptakan dan mendapatkan keuntungan dengan cara-cara baru melalui menambahan nilai pada produk dan layanan yang ada, atau dengan menyediakan fondasi bagi produk dan layanan baru. Banyak model bisnsis yang berbeda untuk e-commerce di internet telah bermunculan, termasuk toko virtual, perantara informasi, perantara transaksi, ruang pasar internet, penyedia isi, penyedia layanan online, komunitas virtual, dan portal.

Berbagai jenis e-commerce dan e-commerce yang telah mengubah cara menjual dan transaksi bisnis ke bisnis
Tiga jenis e-commerce yang utama adalah: bisnis ke konsumen(B2C), bisnis ke bisnis
(B2B), dan konsumen ke konsumen (C2C). Cara lain untuk mengklasifikasikan transaksi e-commerce adalah berdasarkan hubungan fisik pesertanya ke internet.
Internet memberikan serangkaian tekhnologi yang tersedia secara universal untuk e-commerce yang dapat digunakan untuk menciptakan saluran-saluran baru untuk pemasaran, penjualan, dukungan pelanggan, dan untuk menghilangkan perantara dalam transaksi jual beli.
E-commerce B2B menciptakan efisiensi dengan membuat perusahaan untuk mendapatkan pemasok, meminta penawaran, melakukan pemesanan, dan melacak pengiriman secara elektronik.

Peranan m-commerce dalam bisnis dan menjelaskan aplikasi-aplikasi m-commerce yang terpenting
M-commerce menggunakan internet dalam pembelian produk dan layanan selain juga menyampaikan pesan menggunakan perangkat mobile nirkabel.Yang sesuai dengan aplikasi berbasis lokasi, seperti restoran, hotel, mengamati lalu lintas dan cuaca lokal. M-commerce membutuhkan sistem pembayaran digital yang khusus yang dapat menangani pembayaran mikro, karena sebagian besar pembelian m-commerce saat ini nilai nominalnya kecil.
M-commerce mewakili sebagian kecil dari semua pembelian online karena perangkat mobile nirkabel tidak dapat menampilkan gambar barang dagangan dengan baik. M-commerce dapat memanfaatkan sistem pembayaran yang memiliki interoperabilitas untuk perangkat-perangkat nirkabel dan mempercepat jaringan nirkabel untuk mendukung komunikasi data yang lebih lengkap.

Beberapa sistem pembayaran utama untuk e-commerce
Sistem pembayaran kartu kredit digital, dompet digital, sistem pembayaran digital dengan saldo terakumulasi, sistem pembayaran nilai tersimpan, uang tunai digital, sistem pembayaran rekan ke rekan, cek digital, dan sistem pembayaran dan penyampaian tagihan elektronik. Sistem saldo yang terakumulasi, sistem nilai tersimpan, dan uang tunai digital bermanfaat untuk pembayaran mikro yang terkecil.